Abstrak


Penerapan Inspeksi Sanitasi Tempat Kerja di Bagian Barak dan Office Area Pabrik I PT Petrokimia Gresik Jawa Timur


Oleh :
Yohana Fide Oktavia - R0013109 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Kondisi lingkungan kerja mempengaruhi tingkat derajat kesehatan bagi tenaga kerja sehingga di perlukan inspeksi sanitasi tempat kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan inspeksi santasi tempat kerja di bagian barak dan office area pabrik I PT Petrokimia Gresik Jawa Timur.
Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi yang bersifat deskriptif, yaitu yang menggambarkan penerapan inspeksi sanitasi tempat kerja di bagian barak dan office area pabrik I PT Petrokimia Gresik Jawa Timur.
Hasil: Penerapan inspeksi sanitasi tempat kerja di bagian barak dan office area pabrik I PT Petrokimia Gresik Jawa Timur, dengan total objek yang dinilai pada bagian barak 34 dan office 31. Secara keseluruhan inspeksi sanitai tempat kerja pada bagian barak mendapat kriteria penilaian baik dan office mendapat kriteria penilaian sangat baik.
Simpulan: PT Petrokimia Gresik Jawa Timur telah melaksanakan inspeksi sanitasi tempat kerja tetapi belum sepenuhnya sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1405/MENKES/XI/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri.
Kata Kunci: Inspeksi Sanitasi di Tempat Kerja