Abstrak


Pembuatan Game Android “Pangeran Diponegoro” Menggunakan Unity


Oleh :
Juanaldo Alfreda - M.3113084 - Fak. MIPA

Indonesia merupakan negara yang menyimpan banyak sekali sejarah, terutama sejarah para pahlawan yang dulu telah berjuang untuk membela negara Indonesia. Saat ini pengetahuan tentang sejarah sangat kurang, masih banyak anak muda ataupun anak anak yang masih belum tahu bagaimana dulu para pahlawan kita berjuang demi bangsa Indonesia.

Pada pembuatan game “Pangeran Diponegoro”, penulis mengumpulkan data dari beberapa sumber di Internet maupun buku berupa sejarah tentang Pangeran Diponegoro. Tahap berikutnya, penulis mengimplementasikan merancang karakter dan desain semua objek yang ada di dalam game menggunakan aplikasi CorelDRAW. Semua aset digabungkan dengan aplikasi Unity yang menggunakan bahasa pemrograman C#. Pengujian merupakan tahap akhir dari perancangan game ini dengan melakukan pengujian kuisioner dan blackbox testing.

Game Pangeran Diponegoro telah berhasil dibuat. Berdasarkan kuisioner yang di isi oleh 30 responden hasilnya adalah 10% sangat setuju dan 46,7% setuju pada pernyataan “Game ini mudah di mainkan”, lalu 13,3% sangat setuju dan 53,3% setuju pada pernyataan “Game ini menghibur”, kemudian 0% sangat setuju dan 20% setuju pada pernyataan “Tingkat kesulitan di tiap level terlalu mudah”, begitu juga 3,3% sangat setuju dan 56,7% setuju pada pernyataan “Grafik game nya bagus”, serta 3,3% sangat setuju dan 29% setuju pada pernyataan “Jalan cerita di game kurang lengkap”.

Kata kunci:  2D,Android, Game, Pangeran Diponegoro, Unity