Abstrak


Analisis Network Proses Produksi Buku Kerja Siswa (BKS) pada CV. Mediatama Surakarta


Oleh :
Nia Rahayu - F.3513051 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

CV. MEDIATAMA merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang penerbitan dan percetakan. Produk yang dihasilkan adalah buku. Salah satu jenis buku yang mendukung kelangsungan perusahaan adalah jenis Buku Kerja Siswa (BKS). Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui proses produksi dan waktu yang dibutuhkan pada masing-masing kegiatan dalam proses produksi. Oleh karena itu, penelitian dilakukan terhadap data aktivitas-aktivitas produksi dengan perkiraan waktu normal. Data yang diperoleh pada penelitian selanjutnya diolah dengan analisis jaringan kerja (network) dengan metode PERT (Program Evaluation and Review Technique). Metode tersebut dipilih dengan tujuan memperoleh waktu yang efisien dalam menyelesaikan pekerjaan dan mencari jalur kritisnya.

Penelitian yang dilakukan menghasilkan data urutan proses produksi Buku Kerja Siswa (BKS) sebagai berikut: pembuatan film, pengeplatan, penyiapan kertas, pemasangan plat, pengisian tinta, setting mesin, cetak,  penyusunan hasil cetak, penyatuan file, pemotongan, packing plastik, dan pengqolian.

Kesimpulan dalam penelitian yang dilakukan adalah sebaiknya menggunakan analisis PERT dan memilih pada jalur kritis. Jalur kritis dipilih karena penggunaan jalur paling lama terhadap kemungkinan-kemungkinan penundaan yang terjadi. Saran dari adanya penelitian ini yaitu perusahaan perlu meningkatkan sumber daya manusia dan perawatan mesin-mesin produksi agar produksi yang dijalankan dapat tetap efisien tanpa adanya penyimpangan yang mungkin terjadi.

Kata Kunci: Analisis Network, Metode PERT, Jalur Kritis.