Abstrak


Prosedur Administrasi Pjp4u ( Pelayanan Jasa Pendaratan Penempatan Dan Penyimpanan Pesawat Udara ) Pada Bagian Komersial PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta


Oleh :
Muhammad Riza - F3513049 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur administrasi PJP4U (Pelayanan Jasa Pendaratam Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara) PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara kepada staff bagian sales saction mengenai prosedur administrasi PJP4U yang terdapat pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan studi pada dokumen dan wawancara langsung mengenai prosedur administarsi PJP4U.
Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa prosedur administrasi PJP4U PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pengambilan data dari Air Movement Control ( AMC) berupa data jam terbang dan jam pergi pesawat udara, dilanjutkan dengan mencocokan data AMC dengan data yang terdapat pada sistem SIOPKOM, merekonsiliasi data yang sudah didapat kepada pihak AIRLINE dan tahap yang terakhir adalah mengindup data yang sudah direkonsiliasi kedalam sistem SAP untuk mengeluarkan tagihan yang diserahkan kepada divisi financial untuk ditagihkan kepada pihak AIRLINE.
Saran yang dapat diberikan pada bagian PJP4U PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta adalah memberikan ketelitian lebih dalam mencocokan data serta penambahkan pelayanan jasa penyimpanan pesawat udara pada terminal PT. Angkasa Pura.


Kata kunci : Prosedur Administrasi, Jasa Layanan, Bandara Internasional