Abstrak


Evaluasi Pengaruh Penggunaan Akuntansi Basis Kas Menuju Akrual Dibandingkan dengan Basis Akrual pada Laporan Keuangan Daerah di BPKAD Kota Madiun Tahun 2014 dan 2015


Oleh :
Avinda Viviana Dewi - F.3313026 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Pada era globalisasi, reformasi, otonomi daerah dan tuntutan transparansi yang semakin meningkat, pemerintah daerah dihadapkan pada suatu keadaan dimana pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan harus didasarkan pada manajemen keuangan yang sehat. Peran pemerintah kini semakin meningkat terhadap akuntabilitas pemerintahan daerah untuk memberikan informasi kepada publik. Informasi tersebut meliputi pengelolaan keuangan pemerintah dengan laporan keuangan yang berpengaruh terhadap keputusan yang dihasilkan.

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pengaruh penggunaan Basis Kas Menuju Akrual dibandingkan dengan Basis Akrual pada Laporan Keuangan BPKAD Kota Madiun 2014 dan 2015. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah interview dan dokumentasi. Sedangkan pemecahan masalah yang diterapkan menggunakan pendekatan deskriptif, dengan tujuan agar pembaca dapat memperoleh gambaran yang jelas mengenai perbandingan basis kas menuju akrual dengan basis akrual dalam penerapan Laporan Keuangan. Transisi basis kas menuju akrual dengan basis akrual nantinya dapat dibandingkan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan pada Peraturan Pemerintah terbaru.

Berdasarkan penerapan basis akrual pada BPKAD Kota Madiun sudah berjalan sesuai SAP walaupun masih ada kekurangan yang harus diperbaiki, hal ini dapat dilihat pada laporan keuangan yang disajikan. Dengan kekurangan yang ada BPKAD Kota Madiun mengupayakan agar kedepannya jauh lebih baik dan lebih akurat dengan memahami tentang penerapan basis akrual untuk laporan keuangan instansi.

Kata kunci : Standar Akuntansi Pemerintahan, Basis Kas Menuju Akrual, Laporan Keuangan, BPKAD Kota Madiun