Abstrak


Implementasi Pengelolaan Keuangan – Blud Terhadap Kinerja Keuangan pada RSUD Gambiran Kota Kediri


Oleh :
Faridatul Bahiyya - F.3313050 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetauhi gambaran mengenai implementasi dari pelaksanaan pengelolaan keuangan BLUD terhadap kinerja keuangan di RSUD Gambiran Kota Kediri. Objek penelitian tugas akhir ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah Gambiran Kota Kediri. Proses penelitian dengan mendiskripsikan implementasi dari pengelolaan BLUD terhadap kinerja keuangan serta dampak yang terjadi setelah adanya pengelolaan BLUD.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa RSUD Gambiran Kota Kediri sudah menerapkan pola pengelolaan keuangan BLUD, serta menerapkan fleksibilitas dalam mengelola praktik – praktik bisnisnya.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa RSUD Gambiran Kota Kediri telah menerapakan kefleksibilitasan dalam mengelola praktik – praktik bisnisnya. Hal itu dibuktikan dengan realisasi pendapatan yang melebihi target anggarannya serta belanja rumah sakit yang tidak melebihi anggarannya. Dampak dari pengelolaan keuangan BLUD kepada pasien di RSUD Gambiran Kota Kediri dengan dibuktikan bahwa jumlah realisasi dan anggran belanja program – program mengalami kenaikan selama tahun 2013 sampai 2015.

Kata Kunci : Implementasi, Penglolaan Keuangan