Abstrak


Evaluasi Pelaporan Spt Pph Orang Pribadi Melalui E-Filing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Klaten Tahun 2013-2015


Oleh :
Hayyin Isnaini - F.3413037 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi efektifitas pelaporan SPT melalui e-filing di KPP Pratama Klaten tahun pajak 2013-2015.  Metode Penelitian yang digunakan adalah dengan membandingkan antara teori, observasi dan wawancara dengan pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Klaten yang berkaitan dengan pokok pembahasan dalam menyusun Tugas Akhir, serta teknik pembahasan dengan menggunakan metode deskriptif.

Hasil dari penelitian ini adalah pada tahun 2015 sebanyak 35.355 Wajib Pajak melakukan pelaporan SPT secara e-filing­. Kesimpulan dari penelitan ini adalah bahwa e-filing sangat membantu Wajib Pajak dalam melakukan pelaporan SPT Tahunan.

Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran kepada KPP Pratama Klaten agar mengoptimalkan faktor yang mempengaruhi peningkatan penggunaan e-filing. Penambahan tenaga kerja di Tempat Pelayanan Terpadu pada bulan januari hingga april agar tetap dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada Wajib Pajak.

Kata Kunci : E-filing ­, pelayanan, KPP Pratama Klaten