Abstrak


Pengaruh Kualitas Website Terhadap Niat Pemesanan Online yang Dimediasi oleh Kepercayaan Awal (Studi pada Website Hotel Solo Tiara di Surakarta)


Oleh :
Alfina Tarnisa Putri - F.0211010 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Pertumbuhan persaingan mendorong para pelaku bisnis perhotelan untuk sepenuhnya memanfaatkan website mereka sebagai salah satu alat pemasaran. Penelitian ini menguji hubungan kepercayaan awal pelanggan yang belum mempunyai pengalaman terhadap kualitas website sebuah hotel yang diharapkan dapat menimbulkan niat untuk melakukan pemesanan online. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas website, kepercayaan awal dan niat pemesanan online.

Populasi penelitian ini adalah pengunjung Hotel Solo Tiara yang belum pernah melakukan pemesanan online melalui website Hotel Solo Tiara. Sampel diambil sebanyak 200 responden dengan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisi SEM dengan bantuan AMOS 20.0 for windows. Sedangkan, pengujian mediasi dilakukan dengan Sobel Test.

Hasil pengujian menunjukan bahwa kualitas website berpengaruh terhadap kepercayaan awal. Kepercayaan awal berpengaruh terhadap niat pembelian online. Kualitas wesbsite berpengaruh terhadap niat pembelian online. Kepercayaan awal memediasi hubungan antara kualitas website dan niat pembelian online. Studi ini memiliki keterbatasan meliputi terbatasnya objek penelitian dan diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat menguji objek penelitian yang berbeda.

Kata kunci : Kualitas website, kepercayaan awal, niat pemesanan online.