Abstrak


Analisis Penerapan Pajak Progresif Kendaraan Bermotor Terhadap Penerimaan BBNKB di Samsat Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Nova Setyowati Mujianto - F.3413050 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan mekanisme dalam menghitung jumlah pembayaran pajak progresif, tanggapan wajib pajak mengenai pajak progresif, dan dampak penerapan pajak progresif terhadap penerimaan BBNKB di SAMSAT Kabupaten Karanganyar.

Teknik penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data kualitatif dan data kuantitatif melalui wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Berdasarkan semua data yang diperoleh penulis data di analisis menggunakan metode analisis deskriptif yaitu dengan menjelaskan berbagai informasi yang diperoleh saat penelitiaan dilaksanakan.

Kelebihan dari penelitian ini yaitu banyak masyarakat yang sudah paham dengan pajak progresif, sehingga banyak wajib pajak yang melakukan bea balik nama kendaraan mereka untuk menghindari pajak progresif, sehingga secara tidak langsung meningkatkan penerimaan BBNKB. Sedangkan kelemahan dari penelitian ini yaitu masih ada wajib pajak yang menunda pembayaran pajak progresif sehingga tunggakan pajak meningkat.

Berdasarkan penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa masih ada masyarakat yang menghindari pajak progresif dengan mengatasnamakan kendaraan kedua mereka dengan nama keluarga maupun kerabat dekat yang secara tidak langsung meningkatan penerimaan BBNKB.

Kata Kunci: Pajak Kendaraan Bermotor, Pajak Progresif, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).