Abstrak


Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan Periode 2010-2013


Oleh :
Ardi Himawan Santoso - F.1313008 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Jawa tengah dan Kalimantan Selatan dengan menggunakan proksi ukuran Kemandirian, Efektivitas, Efisiensi, Pertumbuhan PAD, Pertumbuhan Pendapatan, Pertumbuhan Belanja, dan Desentralisasi Fiskal.

Sampel yang digunakan adalah Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang sudah diaudit oleh BPK tahun 2010-2013. Sampel ditentukan berdasarkan purposive sampling dengan total sebanyak 45 LKPD. Model analisis yang digunakan adalah uji parametrik jika data berdistribusi normal dan uji  non parametrik berupa  Mann Whitney Rank T test jika data tidak berdistribusi normal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rasio Kemandirian dan Rasio Efisiensi mempunyai perbedaan yang signifikan antara daerah kabupaten/kota Jawa Tengah dengan daerah kabupaten/kota Kalimantan Selatan. Adapun untuk Rasio efektivitas Pada Rasio pertumbuhan yang terdiri dari Pertumbuhan PAD, Pertumbuhan Pendapatan dan Pertumbuhan Belanja, Rasio Desentralisasi Fiskal tidak mempunyai perbedaan yang signifikan antara kabupaten/kota Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan.

Kata kunci : Rasio Kinerja Keuangan, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah