Abstrak


Evaluasi Pencapaian Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) di PT. Denso Indonesia Sunter Plant


Oleh :
Aprilia Hapsari - R0013017 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang :Perkembangan industri yang semakin maju diimbangi dengan semakin banyaknya berbagai masalah terkait dengan pencemaran lingkungan, salah satu upaya penanggulangan terhadap pencemaran yaitu dengan program pemenuhan kriteria PROPER. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian kriteria PROPER yang meliputi ijin lingkungan, pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Metode :Jenis penelitian adalah observasional dengan metode deskriptif untuk membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan secara obyektif mengenai pemenuhan kriteria PROPER. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data, klasifikasi, pengolahan atau analisis data lalu membuat kesimpulan dan laporan dengan membandingkan dengan peraturan yang berlaku.

Hasil : PT. Denso Indonesia Sunter Plant telah melaksanakan pemenuhan aspek terhadap kriteria ketaatan PROPER yang meliputi ijin lingkungan, pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 3 tahun 2014 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Simpulan :PT. Denso Indonesia Sunter Plant telah memenuhi setiap aspek terhadap kriteria ketaatan PROPER, meliputi ijin lingkungan dan pengendalian pencemaran air, sedangkan untuk pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) belum memenuhi peraturan yang berlaku.

Kata Kunci : Pengelolaan Lingkungan Hidup, Kriteria PROPER