Abstrak


Political Connection dan Corporate Governance Terhadap Cost of Debt Perusahaan (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014 )


Oleh :
Iman Sabakti Banuyusmar - F.0212054 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang pengaruh political connection terhadap besarnya cost of debt perusaa. Selain itu penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh adanya board independece dan managerial ownership terhadap besarnya cost of debt perusahaan yang terkait politik atau political connection. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah cost of debt, variabel independen dalam penelitian ini adalah political connection, board independence, dan managerial ownership. Sedangkan variabel kontrol dalam penelitian ini adalah leverage, roa, size, growth, dan tangible asset intensity.

Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan terbuka di setiap sektor kecuali sektor keuangan di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010 sampai 2014. Total sampel penelitian ini adalah 292 perusahaan yang lalu di indetifikasi adanya political connection. Sampel dipilih menggunakan kriteria tertentu (purposive sampling).

Pengujian dalam penelitian ini menggunakan estimasi data panel dengan program eviews 9 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan political connection terhadap cost of debt yang berarti kreditur menganggap perusahaan yang terkait politik lebih beresiko dan mempunyai default risk yang tinggi. Selain itu dalam penelitian ini variabel kontrol leverage, roa, size, dan growth signifikan terhadap cost of debt sedangkan variabel kontrol tangible asset intensity tidak signifikan terhadap cost of debt. Untuk variabel independen board independen dan managerial ownership hasilnya tidak signifikan dengan cost of debt. Karena diasumsikan dalam penelitian ini board independence dan managerial ownership tidak terlalu berpengaruh dalam penentuan besarnya cost of debt yang dinilai oleh kreditur.

Kata Kunci: Cost of Debt, Political Connection, Board Independence, Management Ownership, Leverage, Return of Asset, Size, Growth,Tangible Asset Intensity, Indonesia.