;

Abstrak


Keefektifan Penambahan Terapi Omega-3 Pasien Skizofrenia Kronis untuk Memperbaiki Skor PANSS di RSJD dr.Arif Zainudin Surakarta


Oleh :
Nonny Putri Intansari - S571107015 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Penatalaksanaan skizofrenia membutuhkan waktu yang panjang dan kepatuhan yang baik. Angka kesembuhan skizofrenia berdasarkan  Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) Depkes RI tahun 2013 menunjukkan sekitar 80% pasien yang di rawat di RSJ dengan skizofrenia  25% dapat sembuh, 25% dapat mandiri, 25% membutuhkan bantuan, dan 25% jatuh kedalam kondisi berat. Salah satu hipotesis terjadinya skizofrenia berkaitan erat dengan stress oksidatif sebagai pemicu proses neuropatologi pada skizofrenia, maka strategi terapi tambahan untuk meningkatkan angka perbaikan gejala skizofrenia menjadi studi yang banyak dilakukan. Strategi  pemberian terapi tambahan untuk mengatasi salah satu atau lebih patofisiologi, juga berperan mengoptimalkan terapi utama.                   

Tujuan: Mengetahui keefektifan pemberian terapi tambahan omega-3 1000mg/hari pada pasien skizofrenia kronis untuk memperbaiki skor PANSS di RSJD dr.Arif Zainudin Surakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan dengan rancangan randomized controlled trial group, double-blind, pre-post test design.

Hasil:  Baik kelompok intervensi maupun kelompok kontrol keduanya mengalami penurunan skor PANSS pada pengukuran di minggu ke-4 dan ke-6. Dapat diketahui penurunan kelompok intervensi lebih cepat dibandingkan kelompok kontrol. Perbaikan gejala terus berlangsung sampai minggu ke-6.

Kesimpulan: Perbedaan yang signifikan pada penurunan skor PANSS yang lebih cepat dan nyata, maka penambahan omega-3 efektif  untuk menurunkan skor PANSS pada pasien skizofrenia kronis.

Kata kunci: Omega-3, Skizofrenia, PANSS.