Abstrak


Kerajinan Eceng Gondok di Desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah (Studi Sejarah Sosial-Ekonomi 2004-2011)


Oleh :
Wahyu Adi Purnomo - C0511035 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan perkembangan, serta untuk mengetahui dampak dari kerajinan eceng gondok di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah tahun 2004-2011.
Langkah–langkah yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dimulai dari tahap heuristik, kritik sumber baik intern maupun ekstern, interpretasi/penafsiran, dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Dari hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dan di interpretasikan berdasarkan kronologinya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan adanya kerajinan eceng gondok yang berada di Desa Kebondowo membuat matapencaharian masyarakat menjadi semakin beragam dan tidak hanya terarah kepada pertanian saja, dan dengan adanya kerajinan eceng gondok di Desa Kebondowo telah membawa perubahan dalam aspek sosial dan ekonomi masyarakat Desa Kebondowo ke arah yang lebih maju. Kerajinan eceng gondok Desa Kebondowo juga telah mengenalkan Desa Kebondowo ke luar daerah seperti Jakarta dan Makasar, dan ke mancanegara seperti Arab Saudi dan Malaysia.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pertumbuhan eceng gondok yang begitu cepat telah melatar belakangi munculnya kerajinan eceng gondok di Desa Kebondowo, dan perkembangan kerajinan eceng gondok yang semakin maju telah membawa perubahan sosial dan ekonomi. Perubahan sosial yang terjadi akibat adanya kerajinan eceng gondok di Desa Kebondowo adalah perubahan kehidupan yang terjadi kepada pengusaha dan para tenaga kerjanya, sedangkan perubahan ekonomi yang terjadi akibat adanya kerajinan eceng gondok ini adalah terbukannya lapangan kerja dan peningkatan taraf hidup pengusaha dan tenaga kerja.
Kata Kunci: Kerajinan eceng gondok, Desa Kebondowo, Perubahan sosial, Perubahan ekonomi