Abstrak


Evaluasi Kinerja pada Simpang Tak Bersinyal Simpang Jl. Dr.Wahidin – Jl. Kebangkitan Nasional Surakarta


Oleh :
Agus Suratman - I8209004 - Fak. Teknik

Dalam penulisan laporan Tugas Akhir ini penulis mengevaluasi kinerja simpang tak bersinyal Takmirul. Simpang ini merupakan pertemuan Jalan Dr.Wahidin (Jalan Mayor/ Utama) Dan JalanKebangkitan Nasional (Jalan Minor) yang terletak di Kelurahan Laweyan, Kecamatan Laweyan, Surakarta, dan berbatasanlangsung dengan Kabupaten Sukoharjo. Simpang Takmirul adalah simpang tak bersinyal empat lengan 2 lajur 2 arah tak terbagi, yang menjadi akses jalan menujuSolo Baru, Sukoharjo dan Wonogiri. Evaluasi simpang ini meliputi analisakinerja simpang kondisi eksisting, desain ulang/ perbaikan simpang (manajemen,geometrik, setting lampu, dll), gambar desain ulang, RAB (Rencana AnggaranBiaya), dan Time Schedule pekerjaan.
Perencanaan ini dihitung menggunakan metode MKJI (Manual Kapasitas JalanIndonesia) 1997 berdasarkan data yang diambil secara langsung di lapangan. Datatersebut meliputi data geometrik dan data arus kendaraan.
Dengan perhitungan menggunakan metode MKJI 1997, diketahui kapasitas jalan 2552 smp/jam, arus kendaraan pada jam sibuk pagi adalah 2551,9 smp/jamdengan nilai Derajat Kejenuhan (DS) kondisi eksisting 0,93. Desain ulang yangdiambil sebagai alternatif adalah penerapan lampu lalu lintas, didapatkan nilaiDerajat Kejenuhan (DS) pada pendekat Timur sebesar 0,770 pendekat Barat sebesar 0,770 pada pendekat Utara0,770 dan pada pendekat Selatan 0,770. Tundaan rata-rata 45,12 det/smp. Panjangantrian kendaraan pendekat Timur 104 m, pendekat Barat 65 m, pendekat Utara 75 m dan pendekatSelatan 106 m. Total biaya penerapan lampu lalu lintas Rp 205.000.000,00 denganwaktu pekerjaan 12 hari. Alternatif tersebut diharapkan dapat meningkatkankinerja pada Simpang Takmirul.
Kata Kunci: Simpang Tak Bersinyal, Derajat Kejenuhan (DS), MKJI 1997