Abstrak


Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun 2016


Oleh :
Dewi Farida - K7412049 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap intensi berwirausaha siswa; (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha siswa; (3) pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bersifat ex post facto. Populasi penelitian ini sebanyak 107 siswa dan sampel diambil sebanyak 84 siswa dengan teknik pengambilan simple random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 22,0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengalaman praktik kerja industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa dengan t hitung sebesar 4,788 (sig.0,000); (2) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa dengan t hitung 3,164 (sig.0,002); (3) pengalaman praktik kerja industri dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa dengan nila F hitung 71,804 (sig.0,000). Adjusted R Square sebesar 0,630 menunjukkan bahwa variabel independen secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 63% terhadap intensi berwirausaha siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK N 1 Sukoharjo, sisanya 37% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Pengalaman Praktik Kerja Industri, Lingkungan Keluarga, Intensi Berwirausaha