;

Abstrak


Implementasi Pembelajaran IPS dengan Model PBL ( Problem Based Learning ) dan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar di SMK Bina Taruna Masaran Sragen


Oleh :
Anang Heru Wibowo - S861408007 - Sekolah Pascasarjana

Model Problem Based Learning (PBL) merupakan pendekatan pembelajaran di mana siswa dihadapkan pada suatu masalah yang kemudian dengan melalui pemecahan masalah itu siswa belajar kemampuan-kemampuan melalui penyelidikan dan berpikir sehingga memandirikan peserta didik dalam belajar dan memecahkan masalah.

Tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas dan hasil belajar peserta didik kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK Bina Taruna Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui model problem based learning.

Metode penelitian ini adalah  Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas X Teknik Komputer Jaringan 1 (X TKJ 1) sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil diperoleh siswa  pada siklus I  dengan penelitian menunjukkan berdasarkan hasil tes Kreativitas, siklus I ketuntasan klasikal mencapai 96,29% dengan nilai rata-rata 85,73. Pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 100% dengan nilai rata-rata 89,53. Dengan demikian terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 3,70% dan nilai rata-rata kelas sebesar 3,80. Pada siklus III ketuntasan klasikal mencapai 100% dengan nilai rata-rata 96,43. Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 74,07% dengan nilai rata-rata 76. Hasil penelitian pada siklus II mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal meningkat menjadi 92,59% dan nilai rata-rata kelas menjadi 78. Dengan demikian terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 18,52% dan peningkatan nilai rata-rata kelas 1. Pada siklus III ketuntasan klasikal meningkat menjadi 96,15% dan nilai rata-rata kelas 82. Implementasi model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: model Problem Based Learning (PBL), Media Audio Visual,  kreativitas dan hasil belajar siswa.