;

Abstrak


“Prediksi Keterampilan Teknik Dasar Sepak Bola Ditinjau dari Kondisi Fisik dan Antropometri Tubuh” (Studi Korelasional Kecepatan Reaksi, Kelincahan, Koordinasi Mata-Kaki, Power Otot Tungkai, Tinggi Badan dan Panjang Tungkai Pada Siswa Usia 10-15 Tahun Sekolah Sepak Bola Se-Klaten)


Oleh :
Ebta Tri Cahya - A121408024 - Sekolah Pascasarjana

Mencapai prestasi olahraga tidak dapat dilakukan dengan instan, dalam pencapaian prestasi olahraga sepak bola dapat dimulai dengan memiliki keterampilan teknik dasar yang baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi keterampilan teknik dasar adalah faktor bilogis diantaranya faktor kondisi fisik dan anthropometri. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kebenaran tentang kemampuan kondisi fisik dan anthropometri dalam memprediksi keterampilan teknik dasar sepak bola.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode Penelitian Korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa usia 10-15 tahun SSB Se-Klaten, jumlah sampel 56 siswa. Variabel bebas penelitian ini terdiri dari kondisi fisik dan anthropometeri kecepatan, kelincahan, koordinasi mata-kaki, power otot tungkai, tinggi badan dan panjang tungkai. Variabel terikat yaitu keterampilan teknik dasar sepak bola. Pengujian prasyarat dengan uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dan korelasi masing-masing prediktor dan analisis regresi ganda serta korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika faktor kondisi fisik dan anthropometri secara bersama-sama memprediksi keterampilan teknik dasar sepak bola, maka akan terjadi penurunan sebesar 0,271 untuk setiap sentimeter penambahan kecepatan reaksi(semakin besar angka kecepatan reaksi artinya kecepatan reaksinya buruk), penurunan sebesar 3,446 untuk setiap peningkatan 1 detik kelincahan(semakin besar angka kelincahan artinya kelincahannya buruk), peningkatan sebesar 4,358 untuk setiap peningkatan banyaknya koordinasi mata-kaki, peningkatan sebesar 7,947 untuk setiap 1 meter peningkatan power otot tungkai, peningkatan sebesar 0,3381 untuk setiap peningkatan 1 meter tinggi badan, peningkatan sebesar 1,54 untuk setiap peningkatan 1 sentimeter panjang tungkai
Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor kondisi fisik dan anthropometri dapat memprediksi keterampilan teknik dasar sepak bola.
Kata kunci : kondisi fisik, anthropometri, prediksi, keterampilan teknik dasar sepak bola.