Abstrak


Upaya Peningkatan Hasil Belajar Permainan Softball Melalui Alat Bantu Pembelajaran pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA N 5 Magelang Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Rodita Anggraini - K4612126 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan softball menggunakan alat bantu pembelajaran pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA N 5 Magelang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA N 5 Magelang yang berjumlah 29 peserta didik yang terdiri dari 23 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik putri. Sumber data berasal dari peneliti, kolaborator dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Validitas data dalam menggunakan teknik trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan teknik prosentase.
Dari hasil analisis data, diperoleh peningkatan dari data awal, siklus I dan siklus II. Berdasarkan data hasil observasi kondisi awal, siklus I dan siklus II, tiap indikator capaian dengan KKM 75 terjadi peningkatan sebagai berikut. Pada kondisi awal hasil belajar permainan softball, jumlah peserta didik yang tuntas sebesar 34,48% (10 peserta didik). Kemudian pada siklus I hasil belajar permainan softball, jumlah peserta didik yang tuntas sebesar 58,62% (17 peserta didik). Sedangkan pada siklus II hasil belajar permainan softball, jumlah peserta didik yang tuntas sebesar 82,76% (24 peserta didik).
Setelah diberikan tindakan dengan menggunakan alat bantu pembelajaran pada siklus I dan siklus II, proses pembelajaran berjalan lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas serta menyebabkan hasil belajar permainan softball meningkat. Dari data diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar permainan softball pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA N 5 Magelang tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: permainan softball, alat bantu pembelajaran