Abstrak


Analisis Kinerja Keuangan Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2011- 2015


Oleh :
Reni Kurniawati - F3313085 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menilai Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar tahun anggara 2011-2015 dengan menggunakan empat rasio keuangan dan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan DPPKAD Kabupaten Karanganyar dalam mengoptimalkan kinerja keuangan.
Penelitian ini dilakukan di kantor DPPKAD Kabupaten Karanganyar. Data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa Laporan Realisasi Anggaran (LRA). Dalam mengukur kinerja keuangan Kabupaten Karanganyar penulis menggunakan rasio keuangan yaitu rasio kemandirian, rasio efektivtas, rasio efisiensi dan rasio pertumbuhan terhadap Pendapatan Asli Daerah. Rasio keuangan ini selanjutnya digunakan sebagai tolak ukur untuk mengukur tingkat kemandirian PEMDA, untuk mengukur efektivitas dan efisiensi dalam merealisasikan pendapatan asli daerah dan untuk mengetahui pertumbuhan pendapatan asli daerah dalam lima tahun terakhir.
Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis KinerjaKeuangan Daerah dapat disimpulkan, bahwa tingkat kemandirian daerah Kabupaten Karanganyar dalam lima tahun terakhir masih rendah sekali. Untuk meningkatkan tingkat kemandirian sebaiknya PEMDA mengurangi ketergantungan terhadap pemerintah pusat. Tingkat efektivitas Kab. Karanganyar dalam merealisasikan PAD cukup baik karena seluruh rasio efektivitas menunjukkan angka di atas 100%. Tingkat efisiensi menunjukka rasio yang sangat efisien, hal ini menunjukkan bahwa Kab. Karanganyar sangat efisien dalam mengelola keuangan yang digunakan untuk biaya pemungutan PAD, dan pada rasio pertumbuhan dalam lima tahun terakhir dapat dikatakan bahwa pendapatan daerah setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Penulis menyarankan sebaiknya Pemeritah Kabupaten Karanganyar meminimalisir biaya yang dikeluarkan untuk memungut PAD dan memperkecil biaya operasional pada kegiatan yang dirasa kurang perlu agar kinerja keuangan semakin efisien, Pemerintah Kab. Karanganyar harus mengoptimalkan pengelolaan PAD dengan cara melakukan sosialisasi pajak kepada wajib pajak agar wajib pajak membayar pajak tepat waktu dan PEMDA juga harus meningkatkan kemampuannya dalam mengelola sumber daya yang dimiliki daerahnya guna untuk meningkatkan penerimaan pendapatan daerah.


Kata Kunci : analisis kinerja, rasio keuangan, kinerja keuangan pemerintah daerah