Abstrak


Responsivitas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakartaterhadap Kemacetan dari Solo Last Friday Ride (SLFR)


Oleh :
Jansa Ranggata A - D0112048 - Fak. ISIP

 Penelitian ini membahas responsivitas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishbukominfo) Kota Surakarta terhadap kemacetan dari Solo Last Friday Ride (SLFR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan responsivitas Dishubkominfo terhadap kemacetan dari SLFR. Adapun aspek-aspek responsivitas yang diteliti adalah : 1) Sikap aparat  birokrasi dalam merespon keluhan dari pengguna jasa, 2) Penggunaan keluhan dari pengguna jasa sebagai referensi bagi perbaikan penyelenggaraan di masa mendatang, 3) Berbagai tindakan aparat birokrasi untuk memberikan kepuasan pelayanan kepada pengguna jasa, dan 4) Penempatan pengguna jasa oleh aparat birokrasi dalam sistem pelayanan yang berlaku.

Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling. Validitas data menggunakan cara trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa responsivitas Dishubkominfo terhadap kemacetan dari SLFR sudah cukup baik. Hanya saja, masih ada beberapa kekurangan terutama pada aspek penggunaan keluhan dari pengguna jasa sebagai referensi bagi perbaikan penyelenggaraan di masa mendatang. Keluhan terhadap kekurangan jumlah personil yang diturunkan oleh Dishubkominfo sebenarnya mereka sadari, namun seringnya kegiatan SLFR berbenturan dengan event lain membuat personil yang diturunkan kurang optimal. Pada aspek-aspek yang lain responsivitas yang ditunjukkan Dishubkominfo sudah baik.

Kata kunci : Responsivitas, kemacetan, Solo Last Friday Ride