Abstrak


Penanda Kohesi dan Koherensi Wacana Gempilan Sejarah: Sang Komponis Sing Ora Kapatedhan Ing Katresnan Karya Soebagijo I. N. Dalam Majalah Panjebar Semangat


Oleh :
Wulandari - C0112061 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penanda kohesi wacana Gempilan Sejarah: Sang Komponis sing Ora Kapatedhan ing Katresnan karya Soebagijo I. N. dalam majalah Panjebar Semangat? (2) Bagaimanakah penanda koherensi wacana Gempilan Sejarah: Sang Komponis sing Ora Kapatedhan ing Katresnan karya Soebagijo I. N. dalam majalah Panjebar Semangat?Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan penanda kohesi wacana Gempilan Sejarah: Sang Komponis sing Ora Kapatedhan ing Katresnan karya Soebagijo I. N. dalam majalah Panjebar Semangat,(2) Mendeskripsikanpenanda koherensi wacana Gempilan Sejarah: Sang Komponis sing Ora Kapatedhan ing Katresnan karya Soebagijo I. N. dalam majalah Panjebar Semangat.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah naskah wacana Gempilan Sejarah: Sang Komponis sing Ora Kapatedhan ing Katresnan karya Soebagijo I. N. yang terdapat dalam majalah Panjebar Semangat. Data dalam penelitian ini adalah data tulis berupa wacana (alinea) yang mengandung penanda kohesi dan koherensi pada wacana Gempilan Sejarah: Sang Komponis sing Ora Kapatedhan ing Katresnan karya Soebagijo I. N. dalam majalah Panjebar Semangat. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode simak dan catat. Metode analisis data menggunakan metode distribusional dan metode padan. Metode distribusional dipakai untuk menganalisis penanda kohesi, sedangkan metode padan untuk menganalisis penanda koherensi.Teori analisis wacana yang digunakan sebagai dasar analisis dalam penelitian ini adalah teori analisis wacana Sumarlam (2013).
Berdasarkan analisis datadapat disimpulan sebagai berikut: (1) Penanda kohesi wacana Gempilan Sejarah: Sang Komponis sing Ora Kapatedhan ing Katresnan karya Soebagijo I. N. dalam majalahPanjebar Semangatada dua, yaitu: (a) penanda kohesi gramatikal meliputireferensi,substitusi, elipsis,konjungsi; (b) penanda kohesi leksikal meliputi repetisi,sinonimi, antonimi, kolokasi, hiponimi, ekuivalensi. (2) Penanda koherensi wacana Gempilan Sejarah: Sang Komponis sing Ora Kapatedhan ing Katresnan karya Soebagijo I. N. dalam majalah Panjebar Semangatberupa koherensi yang bermakna penekanan, koherensi simpulan, dan koherensi contoh.
Kata kunci : wacana, kohesi, koherensi, dan Panjebar Semangat.