Abstrak


Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati di Lapangan untuk Meningkatkan Antusiasme Masyarakat yang Positif di Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Kabul Dewantoro - D1613038 - Fak. ISIP

Kuliah Kerja Media adalah sebuah kegiatan dimana mahasiswa diwajibkan melakukan magang dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Kegiatan magang tersebut dapat dilakukan di instansi swasta maupun instansi pemerintahan. Pada kesempatan ini penulis melakukan kegiatan Kuliah Kerja Media di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar. Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh penulis antara lain kegiatan dokumentasi, pembuatan kliping, peliputan, dan lain sebagainya. Tetapi hal yang paling banyak dilakukan oleh penulis adalah peliputan kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karanganyar.
Kegiatan sosialisasi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karanganyar haruslah diliput oleh humas, karena selain hal tersebut merupakan pekerjaan pokok dari humas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar, kegiatan sosialisasi perlu diliput dan dipublikasikan kepada masyarakat luas agar masyarakat mengetahui berbagai program dan pencapaian yang telah diwujudkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karanganyar.
Nantinya berita tersebut akan dimuat di website resmi Kabupaten Karanganyar yang dapat diakses oleh semua masyarakat, baik di Kabupaten Karanganyar, maupun diluar Kabupaten Karanganyar.
Hal tersebut memiliki tujuan agar masyarakat memiliki respon atau antusiasme yang positif terhadap kegiatan dan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Masyarakat diharapkan juga bisa menjadi mitra kerja Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan, karena jika masyarakat mempunyai tanggapan yang positif terhadap pembangunan yang akan dilaksanakan, maka proses pembangunan tersebut akan menjadi lebih mudah dilaksanakan dan mempunyai peran maksimal terhadap masyarakat.
Dari kegiatan Kuliah Kerja Media yang dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa masyarakat Kabupaten Karanganyar memiliki tanggapan yang positif terhadap pembangunan yang telah berjalan. Hal tersebut terlihat dari dukungan masyarakat ataupun sikap masyarakat yang taat kepada peraturan Pemerintah. Masyarakat juga dapat memanfaatkan kemajuan tekhnologi yang ada dengan adanya arahan atau sosialisasi dari Pemerintah, ini menunjukkan bahwa dengan adanya dorongan dari Pemerintah, masyarakat dapat berubah dan memiliki antusiasme yang positif terhadap pembangunan yang sedang berjalan.