Abstrak


Pengaruh Perceived Service Quality, Perceived Ease of Use, dan Perceived Usefulness Terhadap Intention of Continued Usage pada Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Online Melalui Telepon Seluler (Studi pada Mahasiswa UNS)


Oleh :
Arvin Enggar Prasetya - F1214014 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi perceived service quality, perceived ease of use, dan perceived usefulness atas intention of continued usage suatu fitur teknologi dimana pada penelitian ini fokus utamanya adalah Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) online. Penelitian ini mengadopsi teori dasar Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Boakye et.al (2012). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan bukti empiris pengaruh kondisi perceived service quality, perceived ease of use, dan perceived usefulness terhadap intention of continued usage penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) online melalui telepon seluler.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 107 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier.

Berdasarkan hasil analisis yang menguji hipotesis dalam penelitian ini didapatkan hasil dimana H1 dinyatakan berpengaruh positif dengan nilai signifikansi 0,000 (p > 0,05). Hal tersebut juga berlaku untuk H2 dan H3 yang juga dinyatakan berpengaruh positif dimana masing-masing nilai signifikansi sebesar 0,000 dan 0,000 (p > 0,05). Berdasarkan hasil tersebut perceived service quality, perceived ease of use, dan perceived usefulness berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap intention of continued usage SIAKAD online melalui telepon seluler pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), perceived service quality, perceived ease of use, perceived usefulness, intention of continued usage.