;

Abstrak


Ekperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Macromedia Flash pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri di Kota Surakarta Tahun Pembelajaran 2014/2015


Oleh :
Elisabet Kusmawati - S851302027 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) manakah  model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash, model pembelajaran kooperatif tipe STAD atau model pembelajaran konvensional, (2) manakah peserta didik yang memiliki prestasi belajar lebih baik antara kelompok siswa yang mempunyai gaya belajar visual, auditorial ataukah kinestetik, (3) pada masing-masing kategori gaya belajar, model pembelajaran manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash, model pembelajaran kooperatif tipe STAD atau model pembelajaran konvensional, (4) pada masing-masing model pembelajaran, kategori gaya belajar manakah yang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik antara kelompok siswa yang mempunyai gaya belajar visual, auditorial ataukah kinestetik.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri di Kota Surakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling kemudian diperoleh sampel penelitiannya yaitu peserta didik di SMP Negeri 4 Surakarta, SMP Negeri 15 Surakarta, dan SMP Negeri 26 Surakarta. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 242 siswa, dengan rincian 80 peserta didik pada kelas eksperimen satu, 79 peserta didik pada kelas eksperimen dua, dan 83 pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, tes dan angket. Uji tes meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Uji keseimbangan menggunakan anava satu jalan dengan sel tak sama. Analisis data menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama yang kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe.

Berdasarkan analisis data, disimpulkan sebagai berikut. (1) Prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD maupun konvensional dan prestasi belajar peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada konvensional. (2) Siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih baik prestasinya dibanding siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial dan siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih baik prestasinya dibanding siswa dengan gaya belajar auditorial. (3) Pada Pada gaya belajar visual dan auditorial, untuk model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional menghasilkan prestasi yang sama baiknya. Pada gaya belajar kinestetik, model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional. Dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menghasilkan prestasi yang lebih baik dari 

pada model pembelajaran konvensional. (4) Pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash, siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik memberikan prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang mempunyai gaya belajar auditorial dan visual. Siswa dengan gaya belajar visual memberikan prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang mempunyai gaya belajar auditorial. Pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan konvensional, siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya.

Kata kunci: STAD, Macromedia Flash, gaya belajar.