;

Abstrak


Penggunaan Model Group Investigation (GI) Dalam Pembelajaran Praktik Instalasi Listrik Dengan Media Trainer Untuk Meningkatkan Prestasi Keterampilan Siswa SMK Negeri 2 Purwodadi


Oleh :
Moehammad Kumaidi - S810809215 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penggunaan Model Group Investigation (GI) dengan Media Trainer pada Mata Pelajaran Praktik Instalasi Listrik untuk meningkatkan prestasi keterampilan siswa kelas X di SMK Negeri 2 Purwodadi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan 6 tahapan proses pelaksanaan pembelajaran model Group Investigation, yaitu: 1). Pembentukan kelompok dan identifikasi masalah, 2) Pembagian tugas kelompok, 3) Investigasi tugas topik masalah, 4) Membuat laporan kelompok, 5) Presentasi hasil, 6) Evalusi tes tulis dan praktik.Penelitian dilaksanakan melalui 3 siklus, disetiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu; 1) Perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan trianggualsi teknis, melalui; wawancara, angket, observasi dan tes, teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian disimpulkan: penggunaan model Group Investigation (GI), dengan media Trainer dapat meningkatkan prestasi keterampilan peserta didik SMK pada mata pelajaran praktik instalasi listrik. Hasil yang dicapai dari tahapan siklus I: 68,57 %, dengan nilai rerata prestasi 69,87, siklus II: 74,29 %, dengan rerata prestasi 71,43 dan siklus III: 94,59 %, dengan rerata prestasi 84,08. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran praktik instalasi listrik 79,89.
Kata kunci: Group Investigation, Media Trainer, Prestasi Keterampilan.