Abstrak


Penerapan Teknik Scramble Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas III SD Negeri Gajahan Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013


Oleh :
Dwinita Riani Purnamaningrum - K7109064 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa dan mendeskripsikan penerapan teknik scramble pada pembelajaran menulis aksara Jawa pada siswa kelas III SD Negeri Gajahan, Colomadu, Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Gajahan, Colomadu, Karanganyar yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data model interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik scramble dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai keterampilan menulis aksara Jawa saat pra kondisi hanya sebesar 49,8, pada siklus I menjadi 56,94, dan pada siklus II meningkat menjadi 70,5. Sebelum dilaksanakan tindakan, siswa yang memperoleh nilai diatas KKM (≥75) hanya sebanyak 1 siswa (3,33%), pada siklus I meningkat menjadi 6 siswa (20%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 20 siswa (66,67%).

Simpulan penelitian ini adalah penggunaan teknik scramble dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa.

Kata kunci: teknik scramble, menulis aksara Jawa