Abstrak


Pola Komunikasi Interpersonal Pelajar Tunagrahita (Studi Kualitatif tentang Pola Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Pelajar Tunagrahita untuk Menanamkan Kemandirian dalam Aktivitas Sehari-hari di SDLB-C Setya Darma Solo)


Oleh :
Eva Menageti - D0211039 - Fak. ISIP

Tunagrahita adalah istilah yang digunakan untuk menyebut anak yang memiliki intelektual di bawah rata-rata.Hal inilah yang menjadi kendala pada anak tunagrahita dalam berkomunikasi.Apa yang dilakukan oleh anak normal akan sulit dilakukan maupun diikuti oleh  anak  tunagrahita. Adapun layanan pendidikan pada anak tunagrahita terdapat di Sekolah Luar Biasa (SLB) khususnya SLB-C.

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Pola Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Pelajar Tunagrahita untuk Menanamkan Kemandirian dalam Aktivitas Sehari-hari yang dilaksanakan di SDLB-C Setya Darma, Solo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sample yang mana pengambilan sample didasarkan  ada pertimbangan penliti yang disesuaikan dengan tujuan penelitian.

Penelitian diawali dengan observasi yang dikuti wawancara dengan para guru. Dari keseluruhan data didapat peneliti menarik kesimpulan bahwa pola komunikasi Interpersonal antara Guru dan Pelajar Tunagrahita untuk Menanamkan Kemandirian dalam Aktivitas Sehari-hari di SDLB-C Setya Darma. Dalam pola komunikasi ini menunjukkan jika dalam proses komunikasi antara pelajar dan guru memiliki hambatan yang berasal dari pelajar itu sendiri yang menyebabkan pesan yang disampaikan oleh guru tidak dapat ditangkap maupun direspon dengan cepat oleh pelajar tunagrahita.