Abstrak


Perancangan Batik Dengan Sumber Inspirasi Cerita Rakyat dan Flora Fauna Indonesia


Oleh :
Luluk Khoironi Maknun - C0912013 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Latar belakang proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah perancangan  motif batik yang mengambil sumber inspirasi cerita rakyat dan flora fauna Indonesia.

Tujuan proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah untuk ikut menjaga dan melestarikan agar warisan bangsa Indonesia yang berupa cerita rakyat agar tetap secara turun-menurun sekaligus mengajarkan tentang nilai moral budaya bangsa yang terkandung di dalamnya, sekaligus untuk pelestarian flora fauna Indonesia yang berada dalam keadaan terancam punah melalui perancangan desain motif dan kebutuhan akan tekstil batik anak-anak.

Metode yang dipakai dalam proyek Tugas Akhir perancangan ini yaitu metode desain. Metode ini melewati 3 tahap yakni metode perancangan, konsep perancangan dan visualisasi. Untuk metode perancangan melewati tahap Analisis permasalahan, Strategi pemecahan masalah, Pengumpulan data, Uji coba, dan menentukan Gagasan awal perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualkan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.

Hasil perancangan tugas akhir ini menghasilkan enam desain yang semuanya merupakan desain motif batik yang bertemakan cerita rakyat dan flora fauna Indonesia. Keseluruhan desain mengolah bentuk-bentuk dari cerita rakyat yang meliputi Keong Mas, Timun Mas dan Kancil Mencuri Timun sebagai motf utama yang menggunakan karakter desain dekoratif. Teknik yang digunakan dalam perancangan ini adalah teknik batik tulis. Teknik pewarnaan dengan dicolet menggunakan zat warna remasol. Bahan menggunakan kain primisima, karena kain primisima memiliki sifat mudah menyerap sehingga cocok digunakan untuk pewarna remasol.

Kata Kunci :  Cerita Rakyat, Flora Fauna Indonesia