Abstrak


Implementasi Pasal 10 Juncto Pasal 114 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Terhadap Pengelola Tempat Perdagangan (Studi Penjualan Lagu Berformat MP3 di Kios-Kios Telepon Genggam Pasar Singosaren Surakarta)


Oleh :
Hana Maharani Anastasia Elshanera - E.0012174 - Fak. Hukum

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pasal 10 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta terhadap Pengelola Tempat Perdagangan dan Hambatan-Hambatan yang dihadapi dalam penerapan Pasal 10 undang-undang tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian hukum empiris yang merupakan penelitian yang bermula dari data sekunder untuk kemudian dilanjutkan dengan penelitian terhadap data primer atau terhadap masyarakat.
Jenis data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari masyarakat. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari bahan-bahan kepustakaan. Sumber data penelitian penulis menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu sumber data yang diperoleh secara langsung dari sumber pertama yaitu wawancara dengan pihak terkait melalui penelitian yang dilakukan. Sumber data sekunder merupakan data yang diperoleh dari bahan-bahan kepustakaan, literatur, peraturan perundang-undangan, data resmi pemerintah pada instansi-instansi, jurnal, bahan dari internet serta sumber lain yang berkaitan dengan masalah penulisan dan mendukung data primer.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan kesimpulan bahwa implementasi dari Pasal 10 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta masih tidak terlaksana. Hal tersebut dikarenakan adanya hambatan-hambatan berupa Pasal 120 yang menyatakan bahwa Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta yang merupakan delik aduan dan belum adanya Peraturan Pelaksanaan yng mengatur mengenai kewenangan Pengelola Pasar. Selain itu faktor yang menghambat implementasi Pasal 10 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 adalah Pengelola tempat perdagangan masih belum mendapatkan sosialisasi dari penegak hukum serta kurangnya partisipasi dari masyarakat.
Kata kunci : hak cipta, pengelola tempat perdagangan, lagu berformat MP3