Abstrak


Strategi Public Relations (PR) dalam Membangun Citra (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Public Relations Hotel Aziza dalam Membangun Citra Sebagai Hotel Berbasis Syariah)


Oleh :
Wulan Pertiwi Devi - D0210124 - Fak. ISIP

Kota Surakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki aset budaya yang masih terjaga. Hal tersebut menjadikan Surakarta sebagai destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri. Sejalan dengan berkembangnya industri pariwisata, turut berkembang pula bisnis perhotelan di kota yang juga disebut Kota Solo ini. Tak hanya hotel konvensional, hotel berbasis syariah pun berani mengambil langkah untuk ikut terjun dalam bisnis perhotelan. Salah satu pelopor hotel berbasis syariah di Solo yaitu Hotel Aziza. Hotel syariah yang termasuk Horison Group ini mulai menjadi bagian dari bisnis perhotelan Kota Solo sejak 30 Januari 2014.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Public Relations (PR) Hotel Aziza dalam membangun citra sebagai hotel berbasis syariah. Tujuankeduayaituuntukmengetahui hambatan Public Relations (PR) Hotel Aziza dalam membangun citra sebagai hotel berbasis syariah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dengan in-depth interview kepada narasumber. Informan dari penelitian ini yaitu General Manager dan Public Relations Hotel Aziza sebagai informan internal, dan dua orang informan eksternal dari warga dan karyawan perusahaan yang pernah bekerjasama dengan Hotel Aziza. Data dari informan kemudian dimasukkan ke dalam penyajian data, kemudian dianalisis sesuai penelitian yang dilakukan penulis.
Dari hasil penyajian data dananalisis menunjukkan bahwa PR Hotel Aziza telah menjalankan strategi PR secara terstruktur, mulai dari scanning lingkungan, formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi dan kontrol. Dari keseluruhan strategi tersebut, PR Hotel Aziza mampu meningkatkan awareness public mengenai Hotel Aziza sebagai hotel berbasis syariah dengan cara sosialisasi, penggunaan media, kegiatan sponsorship, dan CSR. Meski demikian, masih adanya hambatan anggaran dan lahan membuat penerapan manajemen hotel syariah menjadi belum maksimal. Sehingga strategi PR Hotel Aziza dalam membangun citra sebagai hotel berbasis syariah belum mencapai seluruh target yang diharapkan.
Kata kunci: public relations;strategi public relations; hotel syariah;citra.