Abstrak


“Konstruksi Media Cetak Kompas Dalam Berita Aktivitas Pariwisata Indonesia” (Studi Analisis Wacana Terhadap Teks Berita Pariwisata Indonesia di Harian Umum Kompas Periode Januari 2016)


Oleh :
Muharrik Thariquddien Fikri Amali - D1214057 - Fak. ISIP

Berita tentang pariwisata saat ini telah banyak mewarnai pemberitaan di berbagai media massa Indonesia. Hampir semua media yang ada di Indonesia terdapat pemberitaan tentang aktivitas pariwisata Indonesia yang mana setiap daerah memiliki sektor pariwisata yang berbeda-beda yang selalu tumbuh dan berkembang. Pariwisata sendiri telah menjadi suatu andalan yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas suatu daerah menjadi lebih baik.

Pemberitaan di media massa pada dasarnya adalah cerminan realitas. Dalam hal pemberitaan realita di masyarakat, media massa tidak hanya memberitakan apa yang terjadi, tetapi juga mengkonstruksi realita dengan penyampaian pesan, baik secara tersirat maupun tersurat. Media terkadang menyembunyikan sebagian fakta dan menonjolkan fakta lain ke dalam wacana untuk menggiring opini khalayak sesuai arah yang mereka inginkan.

Kompas sebagai salah satu media cetak di Indonesia juga turut memberitakan aktivitas pariwisata di Indonesia. Kompas memberitakan Aktivitas Pariwisata dengan netral. Pemberitaan tersebut yang nantinya akan dianalisis menggunakan teknik analisis wacana. Penelitian ini adalah mengenai studi pesan yaitu struktur kebahasaan dalam teks berita pada media massa. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media mengkonstruksi pemberitaan mengenai Aktivitas Pariwisata Indonesia yang disajikan dalam harian umum Kompas selama periode Januari 2016.

Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana Teun A. van Dijk dengan elemen-elemen yang dimiliki seperti tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris untuk mengetahui bagaimana wacana aktivitas pariwisata dikemas untuk disajikan pada khalayak,serta makna yang ada di dalamnya.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa delapan teks berita tentang Aktivitas Pariwisata Indonesia menunjukkan, Kompas mengkonstruksi realitas menyajikan wacana secara positif. Secara keseluruhan Kompas menyajikan pemberitaan hal ini ke dalam beberapa bagian, yaitu: langkah-langkah yang diambil pemerintah dalam mengembangkan infrastruktur pendukung pariwisata, mempermudah perizinan untuk masuk ke Indonesia, dan strategi pemerintah dalam mempromosikan pariwisata Indonesia ke luar negeri.

Kata Kunci: Berita Pariwisata, Konstruksi Realitas Media, Analisis Wacana