Abstrak


Tinjauan Yuridis Penerapan Ketentuan Jaminan Fidusia Dalam Pembiayaan Konsumen (Studi Putusan Pengadilan Tinggi Bandung Nomor: 102/Pdt/2015/PT.BDG)


Oleh :
Eva Andari Ramadhina - E.0012137 - Fak. Hukum

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya penerapan asas-asas jaminan fidusia dalam perjanjian pembiayaan konsumen oleh lembaga pembiayaan serta untuk mengetahui kesesuaian dan ketidaksesuaian peraturan jaminan fidusia pada putusan yang dikaji, yaitu Putusan Pengadilan Tinggi Bandung Nomor: 102/PDT/2015/PT.BDG.

Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan undang-undang dan kasus. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier, dengan teknis analisis bahan hukum menggunakan metode silogisme dan interpretasi dengan menggunakan pola berpikir deduktif.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pada Putusan Pengadilan Tinggi Bandung Nomor: 102/PDT/2015/PT.BDG terkandung asas jaminan fidusia droit de suite dan droit de preference. Pada perjanjian pembiayaan konsumen dalam putusan tersebut menggunakan unsur-unsur pada jaminanan fidusia, sehingga sudah seharusnya dilakukan pembebanan jaminan fidusia atas perjanjian pembiayaan konsumen tersebut. Menurut analisis yang dilakukan penulis terhadap Putusan Pengadilan Tinggi Bandung Nomor: 102/Pdt/2015/PT.BDG bahwa ketentuan-ketentuan dalam putusan pengadilan tersebut tidak sesuai dengan ketentuan jaminan fidusia berdasarkan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia dalam lembaga pembiayaan konsumen, dikarenakan tidak adanya pembebanan terhadap jaminan fidusia sehingga putusan tersebut diputus menggunakan asas-asas dan ketentuan pada jaminan umum.

Kata Kunci : Perjanjian Konsumen, Jaminan Fidusia, Asas-asas Jaminan Fidusia, Putusan Pengadilan.