;

Abstrak


Developing Character-Based English Supplementary Materials for Junior High School: a Design-Based Research


Oleh :
Khusnul Vita Indraswari - S891402030 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menginvestigasi kebutuhan guru Bahasa Inggris dan siswa terhadap materi Bahasa Inggris berbasis karakter di Sekolah Menengah Pertama, (2) menganalisis kelemahan buku siswa ditinjau dari nilai-nilai karakter dan (3) mengembangkan materi tambahan Bahasa Inggris berbasis karakter berdasarkan kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama.

 Penelitian berbasis desain diterapkan. 36 siswa dan guru Bahasa Inggris ikut berpatisipasi. Data adalah buku Bahasa Inggris terdahulu, hasil dari analisis kebutuhan, rancangan produk dan implementasi produk. Data dikumpulkan melalui kajian pustaka, pra-pengamatan, wawancara, angket dan focus group discussion (diskusi kelompok). Langkah penelitian meliputi: (1) penelitian permulaan, terdiri dari analisis kebutuhan dan kajian pustaka, (2) rancangan, terdiri dari merancang kisi-kisi produk, membuat rancangan produk dan validasi ahli dan (3) penilaian, terdiri dari rancangan produk akhir, uji coba dan produk akhir.

Hasil temuan menyatakan: (1) materi Bahasa Inggris berbasis karakter dibutuhkan di Sekolah Menengah Pertama, (2) buku siswa yang digunakan di kelas target terbatas dalam penerapan nilai keagamaan, kejujuran, kerja keras, kemandirian, keingintahuan dan pertemanan dan (3) produk akhir adalah modul Bahasa Inggris berbasis karakter untuk Sekolah Menengah Pertama dilengkapi dengan CD untuk materi listening. Sehubungan dengan implikasi pendidikan, hasil penelitian mendukung para penyusun buku Bahasa Inggris di dalam mengembangkan materi berdasarkan pengembangan karakter.

Kata Kunci: buku pelengkap, pengembangan karakter, penelitian berbasis desain, sekolah menengah pertama