Abstrak


Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen di Kota Surakarta)


Oleh :
Keanu Aji Pangasto - F.0211062 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Dalam sebuah toko retail modern, konsumen secara langsung menghadapi sebuah titik temu dimana berbagai macam brand dipajang di rak-rak toko. Menurut Dhar (2007), packaging atau kemasan produk memainkan peran yang sangat penting pada titik ini (juga dikenal sebagai titik pembelian), yang mana ini adalah poin yang paling penting dalam interaksi antara brand dengan konsumen, pada tahap inilah konsumen memutuskan membeli sebuah produk atau tidak.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh faktor-faktor yang berkaitan dengan desain kemasan produk terhadap keputusan pembelian oleh konsumen dan menganalisis dimensi dari desain kemasan mana yang paling dominan dalam menarik perhatian konsumen untuk kemudian memutuskan untuk melakukan pembelian, serta apakah health consciousness dan consumer innovativeness memoderasi pengaruh antara desain kemasan dengan keputusan pembelian konsumen.

Populasi penelitian ini adalah konsumen di kota Surakarta, dengan objek penelitian produk minuman PYURE. Sampel diambil sebanyak 150 responden dengan teknik convenience sampling dan data primer diperoleh dari kuesioner. Data yang diperoleh diuji dengan analisis deskriptif, korelasi, dan regresi liner berganda dengan menggunakan software SPSS 16.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa desain kemasan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen, dan baik consumer innovativeness maupun health consciousnessmemoderasi hubungan antara desain kemasan dengan keputusan pembelian.

Kata kunci:Desain Kemasan, Consumer Innovativeness, Health consciousness, Keputusan Pembelian.