Abstrak


Pengaruh Financial Distress, Ukuran Perusahaan, dan Reputasi KAP terhadap Audit Report Lag (Studi Empiris di Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)


Oleh :
Ahmad Irfa’i - F1314006 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah financial distress, ukuran perusahaan dan reputasi KAP berpengaruh terhadap audit report lag. Populasi sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahan manafaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013 – 2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh terhadap audit report lag. Hasil pengujian secara parsial menunjukan dari ketiga variabel independen hanya satu variabel yang berpengaruh terhadap audit report lag yaitu, financial distress dengan tingkat signifikan sebesar 0,014. Sedangkan variabel ukuran perusahaan dan reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap audit report lag dengan tingkat singnifikan lebih besar dari 0,05.
Kata kunci: Audit report lag, Financial distress, Ukuran perusahaan, Reputasi
KAP.