Abstrak


Potret Perjuangan Hidup Tokoh Sekarwangi dalam Cerbung Mulih Ndesa Karya Suryadi WS (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra)


Oleh :
Eri Merdeka Wati - C0112016 - Fak. Ilmu Budaya

Perumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah struktur cerbung Mulih Ndesa karya Suryadi WS yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana cerita (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, ironi)? (2) Bagaimanakah potret perjuangan hidup tokoh Sekarwangi dalam cerbung Mulih Ndesa karya Suryadi WS? (3) Bagaimanakah kondisi sosial masyarakat yang terdapat dalam cerbung Mulih Ndesa karya Suryadi WS?.Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripasikan struktur yang membangun cerbung Mulih Ndesa karya Suryadi WS. (2) Mendeskripsikan potret perjuangan hidup tokoh Sekarwangi. (3) Mendeskripsikan kondisi sosial masyarakat yang terdapat dalam cerbung Mulih Ndesa karya Suryadi WS.

Manfaat teoritis penelitian ini yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat membentu memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang penelitian terhadap karya sastra. Secara praktis hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan penelitian sejenis lainnya. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain pengertian cerbung, teori struktural menurut Robert Stanton, pendekatan sosiologi sastra dan teori masalah-masalah sosial.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian sastra dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah cerbung Mulih Ndesa karya Suryadi WS. Data primer dalam penelitian ini berupa isi teks cerbung Mulih Ndesa karya Suryadi WS berupa unsur-unsur intrinsik meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema dan sarana-sarana cerita (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, ironi), informasi perjuangan hidup tokoh Sekarwangi dan kondisi sosial masyarakat dalam cerbung Mulih Ndesa karya Suryadi WS. Data sekunder penelitian ini berupa informasi hasil wawancara dengan pengarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik content analysis dan wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Dilihat dari unsur struktural yang terdapat dalam cerbung Mulih Ndesa karya Suryadi WS menunjukkan adanya hubungan yang erat dan saling mengkait antar unsur satu dengan lainnya yang dirangkum menjadi satu kesatuan yang utuh. (2) Dilihat dari sosiologi sastra cerbung Mulih Ndesa karya Suryadi WS menunjukan adanya potret perjuangan hidup yang dilakukan oleh tokoh Sekarwangi sebagai tokoh utama. (3) serta menjelaskan kondisi sosial masyarakat yang ada di dalam cerbung Mulih Ndesa karya Suryadi WS yang meliputi hubungan sosial yang terdapat dalam masyarakat, kondisi ekonomi, kondisi pendidikan, dan kondisi religi.

Kata kunci : perjuangan hidup, tokoh Sekarwangi, sosiologi Sastra.