Abstrak


Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kreativitas Menggambar Ragam Hias Batik Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Jenawi Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015


Oleh :
Kusmiatiningsih - X3213012 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas menggambar ragam hias batik pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Jenawi semester genap tahun pelajaran 2014/2015 melalui pembelajaran Kontekstual.

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP N 1 Jenawi yang berjumlah 27 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan evaluasi/tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data secara deskriptif dengan menggunakan prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan hasil analisis terjadi peningkatan yang signifikan dari hasil pembelajaran prasiklus ke siklus I menuju siklus II. Hal ini dapat dilihat pada hasil akhir  kreativitas siswa prosentase ketuntasan 44,44% atau 12 siswa. Pada siklus I saat diterapkan pembelajaran kontekstual prosentase hasil akhir kreativitas siswa meningkat 59,25% atau 16 siswa. Kemudian pada siklus II  terjadi peningkatan lagi pada hasil akhir  kreativitas siswa menjadi 81,48% atau 22 siswa.

Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Kontekstual yang melalui  penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dapat meningkatkan kreativitas menggambar ragam hias batik pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Jenawi semester genap tahun pelajaran 2014/2015.

Kata kunci:  kontekstual, kreativitas, menggambar ragam hias batik.