Abstrak


Grafonologi Proper Name dalam Majalah Alo Indonesia Tahun 2014-2015


Oleh :
Haryati - C1012014 - Fak. Ilmu Budaya

Haryati. C1012014. 2016. Grafonologi Proper Name dalam Majalah Alo Indonesia Tahun 2014-2015. Skripsi: Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalihaksaraan bunyi konsonan sepadan, berdekatan, dan berbeda pada proper name bahasa Indonesia ke bahasa Arab. Selain itu untuk menganalisis pengalihaksaraan berupa gugus dan deret konsonan tersebut. Bidang kajian yang digunakan adalah grafonologi.
Sumber data penelitian ini adalah majalah Alo Indonesia yang terbit pada tahun 2014-2015. Penyediaan data menggunakan teknik simak, teknik sadap, dan teknik catat. Metode padan ortografis, teknik hubung banding menyamakan, dan teknik hubung banding memperbedakan sebagai metode analisis data.
Pengalihaksaraan konsonan yang ditemukan dalam majalah Alo Indonesia dapat dikelompokkan menjadi empat macam. Pertama, bunyi konsonan sepadan ada sepuluh konsonan, yaitu ? , ? , ? , ? , ? , ? , ? , ? <>, ? , dan ? . Kedua, bunyi konsonan berdekatan ada sepuluh konsonan, yaitu

? , ? , ? , ? , ? < ? , ? , ? ,

? , dan ? . Ketiga, bunyi konsonan berbeda ada empat konsonan, yaitu ? , ? , ? , dan ? , dan ada beberapa konsonan bahasa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bahasa Arab yang direpresentasikan ke aksara Arab dengan beberapa varian seperti ? , ? , ? , dan ? . Keempat, ada pengalihaksaraan dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab yang berasal dari gugus dan deret konsonan.
Kata kunci: Alih aksara, Grafonologi, Fonem, Bahasa Arab