Abstrak


Peran Scripwrittingfiller Program Acara “Renungan Malam” Proi LPPI RRI Surakarta


Oleh :
Baskoronur Arifin - D1411011 - Fak. ISIP

LPP RRI Surakartamenjadi salah satu stasiun radiotertualokal di Kota Surakartayang cukup berkembang dan layak untuk di jadikan sebagai salah satu media proses pembelajaran akademis sekaligus penambah wawasan pengetahuan, umumnya pada media penyiaran dan khususnya di bidang penyiaran.Penyiaran radio haruslah mempunyai programyang menarik baik didengarkandari isi program acara, penambahan backsoundmusik yang sendu bertujuan untuk menggetarkan hati para pendengar.maka dari itu penulis tertarik pada bidangScriptwrittinguntuk membuat programacara radio menjadi lebih menarik dengan penulisan naskah yang bervariasi.

ProgramRenungan Malammerupakan programunik di mata penulis karena program seperti ini jarang ada yang memakai di stasiun radiodi surakartakarena program Renungan Malammemiliki khas, yaitu berisikan kata-kata motivasi positif dan bertujuan untuk kebaikan bagi para pendengar.ProgramRenungan Malamini berupaPSA (Public Service Announcement) yang berdurasi sampai atau kurang dari 60detikdan merupakan pelengkap sebuah mozaik dalam kepenyiaraan program acara di Programma I LPP RRI Surakarta. di LPP RRI Surakartatidak ada tim khusus yang meliput Program Renungan Malam. sehingga peran mahasiswa magang terutama bagian Scriptwrittingsangatlah penting.

Banyak sekali pelajaran dan pengalaman baru yang didapat penulis. Penulis dapat melihat dan mempelajari proses kerja di dunia broadcasting terutama sebagai scriptwritting. serta merasakan atmosfer secaralangsung dunia broadcasting. Banyak ilmu yang didapat penulis yang sebelumnya belum pernah penulis dapatkan selama di bangku perkuliahan.selama KKM di LPP RRI Surakartapenulis dibimbing Ibu Tri Coraselaku Kepala Koordinator Programma Inamun untuk keseharian penulis didampingi olehpembimbing bagian siaraan Pedesaanyaitu Ibu Lis Sundhoro, Bapak Wangun, Bapak Bambangdan Ibu Tatik.

Selama Kuliah Kerja Media penulis banyak mengamati tentang bagaimana cara kerja seorang Scriptwrittingdan mengerti tentang apa saja tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Scriptwritting. sebagai seorang Scriptwritting, penulis banyak belajar tentang penulisan naskah untuk seorang Scriptwrittingyang benar. Saran-saran juga diberikan penulis kepada Instansi dan Kampus. saran bagi Program Studi D III Komunikasi Terapan FISIP UNS sebaiknya dalam penyuluhan atau persiapan pelaksanaan Kuliah Kerja Media dilaksanakan jauh-jauh hari. saran untuk LPP RRI Surakrta, sebaiknya dari divisi programma I menerima karyawan muda karena dari promosi dan iklan membutuhkan konsep baru.

Kata Kunci : Scriptwritter, Radio, Renungan Malam, LPP, RRI, Surakrta