Abstrak


Batik Tulis Kontemporer di Desa Kliwonan Kabupaten Sragen


Oleh :
Lilia Puji Cahyaningrum - C0912011 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan: (1) Memahami proses perancangan batik tulis kontemporer yang meliputi bahan, kegunaan, teknis pelaksanaan. (2) Memahami upaya pengembangan batik tulis kontemporer. Penelitian ini mengambil lokasi di desa Kliwonan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sample yang digunakan bersifat purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan ialah teknik trianggulasi yaitu trianggulasi sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Pendekatan yang digunakan berdasarkan pendapat Nanag Rizali mengenai aspek-aspek yang dipertimbangkan dalam merancang tekstil meliputi, bahan, fungsi, teknik pelaksanaan, dan daya tarik.

Berdasarkan pada hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan: Batik tulis kontemporer di Kliwonan secara garis besar terdapat berbagai dikelompokan berdasarkan pola hias yaitu, geometris dan non geometris yang . Batik tulis kontemporer Kliwonan selain itu terdapat juga motif berdasarkan pola pinggiran. Pola pinggiran terdapat pada berbagai sisi antara lain pinggiran pada lebar kain, pinggiran pada panjang kain, pinggiran pada lebar dan panjang kain, dan pinggiran keliling. Konsep Perancangan Batik tulis kontemporer Kliwonan terdiri dari beberapa aspek yaitu bahan, kegunaan, dan teknik pelaksanaan. Bahan yang digunakan meliputi kain, malam, dan zat pewarna yang selalu dikembangkan cara penggunaannya. Batik tulis kontemporer berdasarkan fungsi dikelompokan menjadi batik untuk berbagai fungsi, batik untuk kemeja, batik untuk selendang, dan batik untuk kain panjang. Teknis pelaksanaan dikerjakan didalam desa kliwonan maupun diluar desa kliwonan meliputi proses desain, nyorek, proses mencanting, mencolet warna, pencelupan warna, pelorodan, pembatikan lagi, nembok, pewarnaan kembali, pencelupan ulang baik pewarna alam maupun buatan, pelorodan terakhir dan finishing produk. Upaya mengembangkan Batik tulis kontemporer dilakukan oleh pihak internal maupun eksternal. Pihak perusahaan/internal dalam berupaya mengembangkan produk adalah menentukan kualitas dalam material, tenaga ahli, engineering design, dan daya tarik. Upaya Eksternal adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sragen.

Kata Kunci: Batik Tulis, Kliwonan, Sragen