Abstrak


Penerapan Desain Pembelajaran Sistem Reproduksi Berbasis Inquiry Dipadu Assesment for Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa SMA.


Oleh :
Siti Khotijah - K4312063 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana desain pembelajaran sistem reproduksi berbasis inquiry dipadu assesment for learning sesuai untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa di kelas XI IPA 1 SMA Negeri A Surakarta  dan untuk mengetahui profil kemampuan argumentasi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri A Surakarta setelah dilakukan penelitian.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classsroom Action Research) yang dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri A Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Data diperoleh melalui observasi,dokumentasi dan tes AfL. Analisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik untuk menjaga kevalidan data menggunakan teknik triangulasi. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral.

Hasil penelitian berdasarkan observasi yang  dianalisis menggnakan kerangka argumentasi yang dikemukakan oleh  Krajcik dan McNeill, (2011) pada Siklus I, berjumlah 6 klaim, reasoning 2 dan evidence 2 level 1, Siklus II 19 klaim reasoning 2 dan evidence 2 level 2, dan Siklus III 19 klaim , reasoning 2 dan evidence 2 level 2. Hasil tes uraian menunjukkan rata-rata nilai tes AfL pada Siklus I, Siklus II, Siklus III secara berurutan adalah 65, 69 dan 74. Kemampuan argumentasi siswa dibandingkan dengan hasil Pra-siklus secara signifikan meningkat. Kesimpulan penelitian adalah penerapan desain pembelajaran sistem reproduksi berbasis inquiry dipadu assesment for learning dapat meningkatkan kemampuan argumentasi siswa.

Kata kunci: Desain Pembelajaran, Inquiry, Assesment for Learning, Kemampuan Argumentasi