Abstrak


Inovasi Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Responsif Gender di Kabupaten Sragen


Oleh :
Yulia Arum Narwastusari - D0112101 - Fak. ISIP

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi yang dilakukan sekolah dalam mewujudkan sekolah responsif gender di Kabupaten Sragen. Inovasi sekolah responsif gender menjadi penting untuk diimplementasikan karena peserta didik laki-laki dan perempuan memiliki kebutuhan yang berbeda. Sekolah sebagai tempat peserta didik memperoleh ilmu pengetahuan harus mengintegrasikan gender kedalam standar nasional pendidikan. Sehingga sekolah harus melakukan inovasi yang responsif gender agar peserta didik perempuan dan laki-laki memperoleh kesetaraan dan keadilan gender agar sama-sama berprestasi di sekolah. Penelitian ini juga melihat kendala yang dihadapi sekolah dalam mewujudkan inovasi sekolah responsif gender.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses inovasi dilakukan melalui 2 (dua) fase yaitu inisiasi dan implementasi. Fase inisiasi memiliki 2 (dua) tahap yaitu agenda setting yang diawali dengan kegiatan pelatihan sekolah responsif gender dan sosialisasi kepada warga sekolah. Fase penyesuaian yaitu menyesuaikan masalah dengan potensi yang dimiliki sekolah agar dapat melakukan inovasi. Sekolah telah melakukan inovasi pada standar isi dan sarana prasarana. Namun, usaha sekolah dalam mewujudkan sekolah responsif gender masih dalam proses untuk dikembangkan kearah yang lebih baik. Terdapat tiga kendala yang dihadapi oleh sekolah, yaitu tingkat kesulitan teknis, sumber daya manusia, dan proporsi kelompok sasaran

 Kata Kunci: Inovasi Sekolah, Sekolah Responsif Gender