Abstrak


Pengaruh Rasio CAR, NPL, ROA, dan Bopoterhadap Jumlah Kredit yang Diberikan BPR di Wilayah Kota Surakarta Tahun 2010 – 2014


Oleh :
Aliano Hanjaya Syah Putra - F0211011 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Bank Perkreditan Rakyat yang adalah salah satu jenis bank yang dikenal melayani golongan pengusaha mikro, kecil dan menengah dengan lokasi yang pada umumnya dekat dengan tempat masyarakat yang membutuhkan. Dalam penyaluran kreditnya  ke masyarakat, BPR dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor dari intern bank.

.

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh dari variabel CAR (Capital Adequacy Ratio), NPL (Non Performing Loan), ROA (Return On Asset), dan BOPO (Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional) terhadap Jumlah kredit yang diberikan yang diproksikan oleh LDR. Sampel penelitian ini adalah 10 Bank Perkreditan Rakyat di wilayah kota Surakarta periode 2010-2014 dengan menggunakan metode purposive sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis serta analisis regresi berganda.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel independen CARberpengaruh positif tidak signifikan terhadap LDR dengan tingkat signifikansi 0,708>α =0,05, NPL berpengaruh negatif signifikan terhadap LDR dengan tingkat signifikansi 0,007 <α =0,05, ROA berpengaruh positif signifikan terhadap LDR dengan tingkat signifikansi 0,024>α= 0,05, BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap LDR dengan tingkat signifikansi 0,027<α = 0,05.Dan simultan dengan determinasi (R2) 48,9% terhadap LDR.