Abstrak


Peningkatan Iklim Kelas dan Sikap Ilmiah Siswa Berbasis Model Guided Inquiry Learning di Kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016


Oleh :
Mutiara Arum Sari - K4312043 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan iklim kelas dan sikap ilmiah siswa di kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar melalui penerapan model Guided Inquiry Learning.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 43 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Prosedur penelitian menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim kelas dan sikap ilmiah siswa mengalami peningkatan. Iklim kelas pada siklus I sebesar 70,24%, pada siklus II sebesar 73,25%, dan pada siklus III sebesar 77,43%. Sikap ilmiah siswa pada siklus I sebesar 72,53%, pada siklus II sebesar 74,98%, pada siklus III sebesar 79,87%. Model Guided Inquiry Learning dapat meningkatkan iklim kelas dan sikap ilmiah siswa.

Kata kunci: iklim kelas, sikap ilmiah, model Guided Inquiry Learning