Abstrak


Persepsi Iklan Politik Televisi Partai Perindo (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Paguyuban Muda-Mudi “WENING” di Dusun Jetis Kulon Terhadap Iklan Politik Televisi Partai Perindo versi “Siapak Indonesia” dan versi “lagu Mars Partai Perindo)


Oleh :
Ditha Kusumaning Pertiwi - D0209024 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Iklan politik televisi merupakan salah satu sarana partai politik untuk mempromosikan partainya kepada masyarakat, termasuk Partai Perindo. Untuk mempromosikan partainya, Partai Perindo menggunakan 2 iklannya yaitu versi Siapakah Indonesia dan versi Lagu Mars Perindo. Melalui dua iklannya ini Partai Perindo dalam setahun sudah berhasil mendapatkan perhatian yang besar dari masyarakat terbukti dengan sudah terbentuknya 34 DPW di seluruh Indonesia.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi anggota Paguyuban Muda-Mudi “WENING” terhadap kedua iklan dari Partai Perindo, versi siapakah Indonesia dan versi Lagu Mars Perindo.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskripstif kualitatif karena bersifat penggambaran mengenai suatu permasalahan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara.

Populasi dalam penelitian ini adalah Paguyuban Muda-Mudi “WENING’ di Dusun Jetis Kulon, Jetis, Karanganyar dengan pengambilan sampel secara Snow Ball.

Dari penelitian ini diperoleh data bahwa iklan politik Partai Perindo versi Siapakah Indonesia yang ditayangkan di televisi bagi informan tersebut merupakan versi Siapakah Indonesia sebagai iklan yang berisi bhineka tunggal ika, berkesan nasionalisme, iklan yang berisi visi misi partai, iklan yang memberikan kesan nasionalisme, iklan yang menarik, iklan yang bercitra nasionalisme. Versi lagu Mars, adalah iklan yang berisi visi misi partai, iklan yang tidak berkesan, Iklan yang menarik dari segi lagu, dan iklan yang mencitrakan perindo sebagai partai persatuan.
Dari penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa persepsi iklan politik Partai Perindo tersebut yaitu iklan versi Siapakah Indonesia di persepsikan sebagai iklan yang berisikan tentang bhineka tunggal ika, iklan yang berkesan nasionalis, iklan yang menarik dari segi narasi dan visual, iklan yang mencitrakan Perindo sebagai partai yang nasionalis. Untuk iklan versi Lagu Mars di persepsikan sebagai iklan yang berisikan visi dan misi partai, iklan yang tidak berkesan karena berisi promosi partai dan tidak meyakinkan, iklan yang menarik dari segi lagunya, iklan yang mencitrakan Perindo sebagai Partai persatuan yang ingin memajukan Indonesia. .
Kata Kunci: persepsi, iklan politik televisi,