Abstrak


Analisis Penilaian Pelanggan Terhadap Rebranding Majalah “kaWanku”


Oleh :
Diyasa Adhiguna - F3513024 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh PT Kompas Gramedia, membaca merupakan salah satu kegiatan yang digemari anak muda pada tahun 1998 – 2010. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, kegemaran anak muda untuk membaca berkurang hal ini sangat mempengaruhi tingkat penjualan majalah. Salah satu majalah di PT Kompas gramedia yang terkena dampak paling besar adalah majalah kaWanku dimana kaWanku mengalami penurunan penjualan sebanyak 20.000 eksemplar dalam kurun waktu dua tahun. Dikarenakan hal tersebut maka PT Kompas gramedia melakukan rebranding pada majalah kaWanku untuk meningkatkan penjualan, penelitian ini diharapkan dapat membantu PT Kompas gramedia untuk mengetahui penilaian pelanggan terhadap rebranding yang dilakukan pada majalah kaWanku.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penetian ini adalah teknik survey dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif. Penulis mengambil objek penelitian pada tahun 2016 dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu metode memilih sample ditentukan kriteria tertentu dimana kriteria yang digunakan adalah seluruh pembaca aktif majalah kaWanku dari metode ini penulis mendapat 1568 hasil kuesioner dan yang dapat digunakan sebanyak 1308 data.

Berdasarkan hasil analisis data yang didapatkan menunjukkan bahwa rebranding yang dilakukan majalah kaWanku mendapat respon positif dari para responden/pembaca majalah kaWanku bisa dikatakan bahwa rebranding yang dilakukan majalah kaWanku berhasil mencapai tujuan yang diinginkan.

Namun masih perlu perbaikan pada strategi pemasaran yaitu pada strategi promosi kususnya pada promosi majalah digital dan strategi place kususnya tempat dan agen yang menjual majalah kaWanku.