Abstrak


Deiksis Persona Dalam Teks Dongeng Anak di Koran Kompas Klasika Minggu (Sebuah Analisis Wacana)


Oleh :
Jarwati - C0212039 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan dalam penulisan ini adalah i) bagaimana konteks situasi dan konteks sosial kultural dalam teks dongeng anak di koran Kompas Klasika Minggu? ii) bagaimana penggunaan deiksis persona dalam teks dongeng anak di koran Kompas Klasika Minggu sebagai unsur eksternal dalam konteks sosial kultural sebuah wacana?
Tujuan penelitian ini adalah i) mendeskripsikan konteks situasi dan konteks sosial kultural yang membangun lahirnya teks dongeng anak di koran Kompas Klasika Minggu dan ii) mendeskripsikan penggunaan deiksis persona di koran Kompas Klasika Minggu sebagai unsur eksternal dalam konteks sosial kultural sebuah wacana.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan wacana. Sumber data pada penulisan ini, yaitu rubrik Nusantara Bertutur di koran Kompas Klasika Minggu. Data penulisan ini berupa kalimat-kalimat yang mengandung deiksis persona dalam teks dongeng anak pada rubrik Nusantara Bertutur di koran Kompas Klasika Minggu. Metode dan teknik pengumpulan data menggunakan metode simak, serta menggunakan teknik dasar catat. Metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik dasar: teknik bagi unsur langsung (BUL) dan teknik lanjutan: teknik ganti dan metode padan. Teknik penyajian data pada penulisan ini disajikan dalam bentuk teknik informal, yaitu berupa kata-kata yang menjelaskan hasil dari analisis data dalam penelitian ini.
Simpulan pada penulisan ini adalah i) konteks situasi wacana dalam teks dongeng anak tersebut yang disesuaikan dengan dunia anak-anak. ii) Konteks sosial kultural dalam teks dongeng anak menitikberatkan pada aspek sikap yang ditunjukkan dengan pemilihan tema dongeng yang disesuaikan dengan peringatan-peringatan tertentu. iii) Analisis unsur eksternal wacana yang dilakukan dalam teks dongeng anak pada rubrik Nusantara Bertutur di koran Kompas Klasika Minggu ini, yaitu analisis teks yang terdiri dari analisis jenis deiksis persona dan pengacuannya serta pembalikan deiksis persona. Jenis deiksis persona yang digunakan dalam dongeng anak ini terdiri dari deiksis persona luar tuturan (eksofora) dan deiksis persona dalam tuturan (endofora). iv) Pembalikan deiksis persona yang terdapat dalam teks dongeng anak pada rubrik Nusantara Bertutur ini terdiri dari empat pembalikan deiksis persona, yaitu bentuk persona kedua untuk menunjuk persona pertama, bentuk persona ketiga untuk menunjuk persona pertama, bentuk persona kedua untuk menunjuk persona ketiga dan bentuk persona ketiga untuk menunjuk persona kedua.
Kata kunci: deiksis, persona, anak