Abstrak


Peran Pemerintah Kota Surakarta dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Surakarta


Oleh :
Emas Descy Rahmawati - D0112028 - Fak. ISIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari Pemerintah Kota Surakarta dalam usahanya unuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan data kualitatif yang terdiri dari data primer dan sekunder. Data tersebut didapatkan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik pengambilan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Validitas data dilakukan dnegan triangulasi sumber dan triangulasi metode yang akan dianalisis menggunakan analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat masalah atau hambatan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surakarta yaitu hambatan secara eksternal dan internal. Perlu adanya peran dari Pemerintah Kota Surakarta untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Surakarta itu sendiri. Peran yang bisa dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Surakarta itu sendiri adalah: 1.) Stabilisator; 2.) Inovator; 3.)Modernisator; dan 4.) Pelaksana sendiri. Dengan adanya peran dari pemerintah dalam meningkatkan pendapatan daerah, baik itu dari Dinas Pengelolaan Pasar, Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah , maupun Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika membuat pendapatan asli daerah di surakarta menjadi semakin meningkat sehingga pembangunan di Kota Surakarta bisa terus berlanjut.
Kata kunci : Keuangan Daerah ,PAD, Peran Pemerintah Daerah