Abstrak


Pengaruh Good Corporate Governance, Produktivitas dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Property dan Real Estate di Bei 2011-2015


Oleh :
Astrid Restiti Astiarnia - F.1214015 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Bisnis property dan real estate di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Menghadapi tren global dan persaingan bisnis property dan real estate, para pimpinan atau manajemen dituntut untuk meningkatkan kepercayaan investor melalui kinerja keuangan perusahaan yang dilaporkan secara periodik. Cash Flow Return On Assets (CFROA) merupakan salah satu pengukuran kinerja perusahaan yang menunjukkan kemampuan aktiva perusahaan untuk menghasilkan laba operasi.

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh good corporate governance, produktivitas, dan leverage sebagai variabel kontrol terhadap kinerja keuangan perusahaan real estate. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 37 perusahaan property dan real estate yang go public di Bursa Efek Indonesia dengan periode 2011-2015. Metode statistik dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan variabel dependen kinerja keuangan yang diproksikan dengan rasio Cash Flow Return On Assets (CFROA). Sedangkan variabel independen dalam penelitian ini yaitu good corporate governance (GCG) yang diproksikan oleh proporsi komite audit, proporsi dewan direksi dan proporsi komisaris independen, arus kas melalui rasio produktivitas dan leverage sebagai variabel kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel good corporate governance yang diproksikan oleh komite audit, proporsi dewan direksi dan proporsi komisaris independen berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Hasil uji F penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan proporsi komite audit, proporsi dewan direksi, proporsi komisaris independen, cash flow dan leverage berpengaruh simultan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil probabilitas uji F sebesar 0,000 < 0,05. Secara parsialditunjukkan dengan hasil uji t untuk proporsi komite audit sebesar 2,177 dengan signifikansi 0.031 < 0,05, untuk proporsi dewan direksi hasil uji t sebesar 2,253 dengan signifikansi 0,025 < 0,05, dan untuk proporsi komisaris independen hasil uji t sebesar 1,711 dengan signifikansi 0,089 < 0,10. Variabel cash flow berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan sebesar 5,097 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan variabel leverage berpengaruh negative terhadap kinerja keuangan dengan hasil uji t sebesar -5,627 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: Good Corporate Governance, Produktivitas, Leverage, Kinerja Keuangan